8 Ciri WhatsApp Disadap Orang Dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi whatsapp disadap

Adipangastuti.id-Penyadapan WhatsApp kali ini sangat ramai diperbincangkan dan sering sekali terjadi. Hal tersebut merupakan sesuatu yang menyebalkan bahkan bisa dikatakan cukup berbahaya. Karena sekali saja akun WA dibajak maka kemungkinan privasi dan data diri bisa terancam bocor dan dapat menimbulkan kerugian yang besar. Nah, pada pembahasan kali ini kalian pun dapat mengetahui tentang ciri WhatsApp disadap yang tertera pada uraian dibawah ini.

Biasanya melalui penyadapan para peretas bisa melakukan pengawasan terhadap aktifitas yang kalian lakukan dalam platform tersebut. Namun, kalian tidak usah merasa khawatir lagi karena tindakan seperti ini dapat dideteksi dengan cara mengetahui ciri WhatsApp disadap seperti berikut.

Kumpulan Ciri WhatsApp Yang Sedang Disadap

Untuk dapat mendeteksi dan mengatasi penyadapan alangkah baiknya kalian dapat mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu. Mari simak saja lebih jelasnya dibawah ini.

1. Status Online Padahal Sedang Offline

Ciri yang pertama ialah status online padahal sedang offline. Jadi jika kalian mendapati hal seperti ini bahwa pada waktu tersebut kalian sedang online dan pada kenyataannya itu offline. Maka bisa dikatakan itu suatu ciri WhatsApp sedang disadap.

Nah, untuk mengetahui hal tersebut sebaiknya kalian tidak mematikan terakhir dilihat. Karena hal ini sangat bermanfaat untuk mengecek dengan menggunakan akun lain. Dari situlah kalian dapat mengetahui bahwa akun kalian sedang dibajak atau tidak.

2. Pesan Terkirim Secara Tiba-Tiba

Mungkin sebagian dari kalian penah mengalami hal seperti ini yaitu pesan terkirim secara tiba-tiba. Jika kalian pernah mengalami hal seperti ini maka itu kemungkinan ada orang yang sedang menyadap akun kesayangan kalian.

3. Pesan Terbaca Tanpa Diketahui

Ciri WhatsApp yang sedang disadap yang ketiga adalah pesan terbaca tanpa diketahui. Dua centang biru yang merupakan pertanda bahwa pesan kalian telah dibaca. Namun, bagaimana jika kalian tidak merasa membaca ataupun membuka pesan tersebut? Nah, tentunya hal ini bisa dikatakan sebagi indikasi bahwa akun WhatsApp kalian sedang disadap.

Pada kondisi hal tersebut, akun kalian sudah disalin oleh para pembajak ke aplikasi salinan melalui kode QR yang memang seharusnya dimanfaatkan untuk chatting via website. Kemungkinan para peretas mengakses perangkat PC ataupun laptop miliki kalian sehingga dapat masuk pada kode tersebut.

4. WhatsApp Menerima Kiriman OTP Tidak Dikenal.

Nah, ciri-ciri yang keempat adalah WhatsApp menerima kiriman OTP tidak dikenal. Jika akun kalian keluar dengan sendirinya dan kalian menerima kiriman OTP maka alangkah baiknya kalian tidak menyebarkan kode tersebut kepada siapapun. Karena hal demikian dapat mengindikasi bahwa akun sedang berusaha untuk disadap.

5. Akun Mendadak keluar

Aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan dengan dua perangkat secara bersamaan. Jika kalian memakai nomor yang sama pada perangkat lain maka akun kalian salah satunya akan keluar dengan otomatis.

Hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa akun kalian sedang disadap oleh peretas. Jika benar demikian maka akan muncul notifikasi seperti nomor telepon tidak lagi teregister dalam aplikasi tersebut.

6. Aktif Pada Perangkat Yang Tidak Dikenal

Untuk ciri selanjutnya adalah aktif pada perangkat yang tidak dikenal. Kalian dapat mengetahuinya melalui pengecekan perangkat apa saja yang sedang mengakses akun milik kalian melalui website.

Hat tersebut untuk mengetahui apakah akun kalian tersedia pada perangkat tidak dikenal. Maka bukalah tiga titik yang ada disudut kanan atas platform tersebut. Selanjutnya, bukalah platform ini melalui website dan periksalah seluruh sesi terbuka.

Jika kalian menemukan pesab telepon ini tidak dapat diverifikasi maka ini berarti akun kalian telah disadap oleh perangkat yang tidak dikenal. Dan cara mengembalikan WA yang disadap satu ini adalah dengan memutus akses tersebut.

7. WhatsApp Kerap Bereaksi Sendiri

Ciri lainnya yang mengindikasi bahwa akun kalian sedang disadap adalah adanya suara tanpa balasan. Selain itu juga smartphone kalian suka bergetar meskipun tidak ada notifikasi masuk pada perangkat kalian.

8. Sering Error

Jika kalian sering menemukan hang ataupun keterlambatan pada platform ini maka bisa dipastikan ini merupakan ciri bahwa ada orang yang sedang menyadap akun kalian.

Demikianlah informasi diatas terkait dengan kumpulan ciri WhatsApp yang sedang disadap. Kalin harus lebih berhati-hati dan waspada akan hal seperti ini. Selain waspada ternyata kalian juga harus mengantisipasi WhatsApp supaya tidak terjadi penyadapan.

ciri whatsapp disadap

Cara Mengantisipasi Penyadapan WA

Supaya terlindungi dari potensi penyadapan pada WhatsApp maka kalian dapat melakukan beberapa cara untuk mengantisipasi hal tersebut. Tanpa berpikir lama mari simak penjelasan nya dibawah ini.

1. Aktifkan Two Step Verification

Cara yang pertama adalah dengan mengaktifkan two step verification. Yang merupakan pilihan untuk mengirimkan kode enam angka setiap pengguna masuk melalui nomor WA yang terdaftar pada perangkat baru. Kode ini berbeda dengan OTP karena cara tersebut digunakan supaya oarang tidak bisa sembarangan masuk begitu saja kedalam akun WhatsApp pengguna lain dan menyadapnya melalui kode QR. Berikut penjelasan lebih detailnya.

  • Langkah pertama klik opsi titik tiga yang ada diposisi kanan atas.
  • Kemudian Setting > Account > Two step verification.
  • Dilanjut dengan Enable.
  • Lalu masukan 6 kode rahasia yang dipilih.
  • Dan masukan email untuk mempermudah memulihkan kata kunci apabila pengguna lupa.

2. Menggunakan Sidik Jari

Agar pengguna lain tidak bisa sembarangan masuk ke akun WhatsApp kalian dan memindai kode QR untuk menyadap, maka para pengguna bisa mengaktifkan fitur pemindai sidik jari dengan cara seperti dibawah ini.

  • Langkah pertama klik opsi titik tiga dikanan atas.
  • Kemudian klik privasi.
  • Setelah itu klik kunci sidik jari.
  • Dan aktifkan.
  • Setelah itu lakukan perekaman sidik jari.
  • Dan pilih durasi aplikasi akan terkunci otomatis, segera, setelah 1 menit atau setelah 30 menit.

3. Logout WhatsApp Web Dari Perangkat

Cara mengatasi penyadapan selanjutnya adalah Logout WhatsApp Web dari perangkat. Melalui platform yang meniru WhatsApp Web maka bisa menjadi cara untuk menghindari penyadapan. Pengguna dapat mengecek perangkat apa saja yang memakai akun kalian melalui WhatsApp Web. Tanpa pikir panjang mari simak caranya dibawah ini.

  • Langkah pertama klik opsi pada titik tiga yang ada diposisi kanan atas.
  • Kemudian klik WhatsApp Web.
  • Setelah itu akan muncul daftar perangkat yang login dengan akun kalian.
  • Selanjutnya pilihlah logout dari semua perangkat.

4. Instal Ulang WhatsApp

Apabila kalian terlanjur sudah mengklik Ok saat menemukan peringatan untuk memindahkan akun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Maka kalian dapat menginstal ulang platform sebagai cara untuk mengambil akun dan menghentikan WhatsApp yang disadap.

Namun, kalian harus tetap memakai nomor yang didaftrakan pada WhatsApp tersebut. Sebab, kode OTP WhatsApp hanya akan dikirmkan pada nomor yang sudah terdaftar.

5. Menonaktifkan Akun WA

Apabila akun WhatsApp sudah disadap, maka dengan cara menonaktifkan akun dapat memastikan tidak ada yang memanfaatkan akun tersebut. Caranya cukup dengan mengirim email saja ke dukungan WhatsApp pada¬† support@whatsapp.com dengan frasa “Hilang atau Dicuri: Silahkan nonaktifkan akun saya” dibadan email.

Setelah proses penonaktifan berhasil, maka kalian mempunyai waktu 30 hari untuk mengaktifkan ulang akun sebelum terhapus sepenuhnya.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengantisipasi penyadapan WA yang dapat kalian ketahui dan pahami. Semoga cara tersebut bisa mempermudah kalian untuk mencegah terjadi nya penyadapan pada akun kalian.

Penutup

Sekian informasi diatas tentang beberapa ciri WhatsApp disadap berikut dengan cara mengatasi penyadapan WA yang bisa kalian ketahui. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Dimas Fazzio